Langsung ke konten utama

Melangitkan Target Hafalan Qur’an

Melangitkan Target Hafalan Al-Qur’an


        Menghafal Al-Qur’an adalah ibadah yang dahsyat, ia merupakan dzikir yang paling agung. Membaca Al-Quran berarti berbincang-bincang dengan Rabb Semesta. Adakah yang bisa mendatangkan ketenangan melebihi ini? Sayangnya, banyak penghafal Al-Quran yang hafalannya justru menjadi sumber kegelisahan. Semakin banyak hafalan, justru semakin stres dan gelisah. Mungkin, kamu salah satunya. 
        Tulisan ini, semoga menjadi tamparan yang segera mengembalikan kesadaran kita terhadap Al-Quran sebagaimana fungsi aslinya, yaitu sebagai sumber ketenangan. Sebab, jika kita mengaku menghafal Al-Quran, tapi Al-Quran justru menjadi kegelisahan, pasti ada yang salah dalam proses yang kita lakukan. Ini tentang target. Kebanyakan, target kita menghafal Al-Quran adalah selesai 30 juz. Dan, tak banyak yang sadar, target seperti inilah yang berkali-kali telah berhasil menjatuhkan para penghafal Al-Quran. Semangat mereka akhirnya meregang nyawa dan perlahan mati, terkubur bersama impian yang tak berhasil dimiliki. 
        Pada satu sisi, target 'selesai' sangat memacu diri untuk menyelesiakan hafalan. Tapi pada sisi yang lain, target seperti ini justru menjadikan para pejuang Al-Quran frustasi dan putus asa, apalagi bagi mereka yang tidak benar-benar kuat semangatnya. Perjuangan yang hanya terfokus pada 'kapan selesai' selalu berhasil menciptakan barisan-barisan kegelisahan seperti,

 "Mengapa hafalan saya tidak kunjung selesai.. "

"Ah, ternyata menghafal Al-Quran itu susah.. "

"Kapan ya hafalan saya bisa lancar.. "

Iya, kamu memang tidak pernah mengucapkannya dari lisan. Tapi kegelisahan-kegelisahan semacam itu terus ada dan tak berhenti mengacaukan hati dan pikiranmu. Jujur saja. 

        Sebab dari pada itu izinkan saya mengatakan ini, bahwa 'selesai 30 juz' adalah target yang salah. Bagi penghafal Al-Quran, target ini terlalu rendah. Target penghafal Al-Quran harus melangit lebih dari itu. Target yang lebih penting dari 30 juz adalah: Bisa selalu bersama Al-Quran.Kebersamaan dengan Al-Quran jauh lebih dahsyat daripada selesai 30 juz. Penghafal Al-Quran yang mengaku telah menyelesikan 30 juz, tapi kebersamaannya dengan Al-Quran terhenti, maka saat itu juga ia bukan lagi penghafal Al-Quran. 

        Sebaliknya, saat target kita adalah untuk 'terus bersama Al-Quran', sesungguhnya 30 juz sudah terlewat sejak hari pertama kita berjuang . Sebab, hari-hari kita menjadi fokus pada menikmati kebersamaan dengan Al-Quran dan tak peduli lagi pada 'kapan hafalan ini akan selesai'. "Bisa bersama Al-Quran sudah lebih dari segelanya. " Kesadaran tersebut sudah harus tertanam kuat dalam hati. Sehingga, tak akan ada lagi kegelisahan. Yang ada, kenikmatan.

        Hari-hari perjuangan menjadi hari-hari menikmati Al-Quran. Bahkan, saat hafalan tak kunjung selesai dan tak kunjung lancar, kesadaran tersebut menghadirkan ketenangan dan kenikmatan tersendiri. Sebab jika ketidak-lancaran menjadikan kita semakin sering berinteraksi dengan Al-Quran, mengapa kita harus bersedih? Alhasil, target semacam ini akan memberikan kekuatan yang besar, sebab tak ada lagi alasan apapun yang bisa menjatuhkan pejuang Al-Quran yang mencintai kebersamaan dengan Al-Quran. Mereka begitu kuat! 


— Dikutip dari pesan Ustadz Ahmad Khoirul Anam, semoga Allah selalu menjaganya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tetaplah dalam Penjagaan Meskipun Jatuh Cinta

  Tetaplah dalam Penjagaan Meskipun Jatuh Cinta       Berbicara mengenai cinta memang merupakan topik yang cukup berat, terutama bagi para pemuda yang sedang berusaha teguh dalam pendirian untuk menjaga kesucian dirinya.  Manusia diciptakan oleh Allah SWT berpasang-pasangan, antara lelaki dan perempuan. Manusia dianugerahi perasaan cinta dan kasih sayang. Oleh karena itu, menjadi fitrahnya manusia ingin mencintai dan dicintai satu sama lain. Jika kebutuhan mencintai dan dicintai terpenuhi, hatinya menjadi tenteram, damai, dan bahagia.  Pertanyaannya, "Mengapa Allah menanamkan rasa cinta pada diri manusia? Apakah cinta merupakan sumber kebahagiaan? Ataukah justru penyebab berbagai masalah kemanusiaan? Bagaimana mengaktualisasikan "fitrah cinta" manusia dalam rangka mewujudkan ketaatan dan dedikasi sejati kepada Allah SWT dan dalam menjalani kehidupan rumah tangga?"       S ejatinya cinta adalah fitrah manusia sekaligus merupakan anugerah dari Allah  Subhanahu wa ta&#

Cita-Cita Tertinggi Seorang Muslimah

 Cita-Cita Tertinggi Seorang Muslimah Ternyata tagline menjadi ibunda peradaban Islam adalah hal yang besar. Yang tentu perlu usaha dan effort yang besar pula. Hikmah besar yang kudapat kemarin bahwa sebelum menjadi ibunda peradaban yang akan melahirkan generasi pemimpin peradaban Islam kelak, maka sedini mungkin perlu mempersiapkan diri, melalui misalnya berpola makan sehat, berolahraga teratur, rutin mencharge dan mengupgrade diri baik dari segi fikriyah, jasadiyah dan pun ruhiyahnya. Layaknya kamu ingin bercita cita menjadi seorang dokter, maka perlu jenjang bahkan sampai bertahun tahun menempuh pendidikan untuk mempersiapkan bekalnya, begitupun ketika cita citamu menjadi ibunda peradaban, karir tertinggi bagi seorang muslimah, yang begitu mulianya cita cita itu. Sebagaimana para shahabiyah dan ummahat terdahulu begitu menjaga dirinya dari apa yang Allah haramkan, dan menjauhkan apa apa yang membuatnya menjadi terlena dengan hal² sia. Pun kamu harus demikian melawan dan menjaga diri